About Us

My photo
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Konnichiwa Minna-san! Welcome to the Official Blog of Japan Club SMAN 1 Cikarang Utara which also known as Jaku. We serve to you our information, schedule, actifity, and also many thing about Japan. We hope you'll enjoy it!

visitors

Thursday 20 December 2012

Daruma


Hiyaaa minna-san^^)/

Admin-admin yang “hzxwtbcfrwtynbxcpltvyt” (baca: kece) ini baru saja selesai berperang melawan kertas ujian lohhhhh #infopenting. Jadi…… maaf ya kalau kemarin-kemarin kami jarang ngeposting karena halangan tersebut *minta maaf* *sungkem*

Nah minna, kali ini saya mau ngeposting tentang salah satu boneka yang sudah menjadi ciri khas Negara Jepang. Apa itu?

Mau tau banget apa mau tau badai? #eeeeh

Nama boneka itu adalah DARUMA ( だるま ). hmmm, agak gak nyambung sih sama divisi saya kalau ngebahas ini. tapi lanjoooot...... oh ya, ada gak sih diantara kalian yang udah mendengar nama boneka tersebut? Kalau kalian lihat pict ini, mungkin kalian akan mengenal boneka tersebut.


Yoooo, gimana? Kalau liat pict diatas pasti udah pada tahu kan boneka daruma itu yang mana? Masih gaktau juga????capedeeeh-_- Boneka daruma ini pernah dijadiin game juga kok di acara Benteng Takeshi atau Takeshi Castle yang dulu acara ini sempat menjadi trend. Dan tau gaaak? acara itu dulu acara favorite saya :”) /kokcurhat-_- nih screenshot boneka daruma yang sempat dijadiin game di acara benteng takeshi


inget gaaak? :D Oke deh saya jelasin langsung aja seputar boneka Daruma. Di jepang, ada sebuah peribahasa yang bunyinya kayak gini: 七転び八起き (read: ’nanakorobi yaoki’) yang kalau diterjemahkan artinya: ”Tujuh kali jatuh, delapan kali bangun”, yang menyatakan semangat pantang menyerah walau harus jatuh bangun berkali-kali. Nah, peribahasa tersebut dihubungkan dengan boneka yang menjadi simbol dan jimat semangat pantang menyerah yang dikenal dengan nama boneka “Daruma”

Daruma ditemukan sekitar tahun 1500. bentuknya itu bulat pendek, tanpa kaki, tanpa lengan, dan tanpa mata. Alis daruma dilukis kayak bentuk burung bangau dan jambangnya berbentuk kura-kura, mungkin yang bisa liat dari segi mana bentuk bangau dan kura kuranya hanya seniman ~_~ Kedua binatang ini adalah lambang dari usia yang panjang. Seperti kata salah satu pepatah di Jepang loh, burung bangau hidup seribu tahun dan kura-kura hidup sepuluh ribu tahun.

Boneka daruma ini adalah perwujudan dari pendeta Budha Bodhidharma yang memiliki jambang dan sedang bermeditasi dengan menggunakan jubah merah hmmm kayak superman gitu^^v
Daruma memiliki jubah yang pada umumnya berwarna merah, seperti warna jubah para pendeta tersebut. Namun terdapat juga daruma dengan warna yang lain. Boneka daruma dengan warna yang berbeda, memiliki arti yang berbeda juga loooh….     

Merah : melambangkan keberuntungan secara umum, kemenangan, kelulusan
Hitam : untuk keuntungan dalam perniagaan atau usaha, dan menjauhkan roh-roh jahat
Putih : melambangkan hal-hal yang dirayakan, berkat, kemenangan
Ungu : untuk pengabulan harapan, kemajuan karir, supremasi
Warna emas : kekayaan dan kesenangan
Biru : untuk kesuksesan dalam hidup, peningkatan prestasi belajar
Pink : perwujudan cinta, pernikahan, proses kelahiran yang selamat
Hijau : kesehatan, kepercayaan, keamanan
kuning : untuk kehidupan yang dinamis, kecantikan, harapan.


kawaii :3

Boneka ini sejenis tumbling doll, yaitu boneka yang dibuat berat di bagian bawah sehingga jika didorong akan kembali lagi ke posisi semula dan tidak jatuh. Inilah yang disimbolkan oleh sang boneka daruma. Keteguhan…...Ketekunan….dan kemampuan untuk pulih setelah ditimpa masalah. Pantang menyerah walau jatuh berkali-kali :”)

Saat dibeli, boneka daruma tidak memiliki mata. Bagian matanya kosong dengan warna putih aja. Pembeli daruma yang memiliki sebuah harapan/impian, akan menggambar satu mata di mata daruma, biasanya dimulai dari mata sebelah kiri. Mata yang sebelah lagi akan digambar pada saat impian atau harapan tersebut jadi kenyataan. Nih dikasih liat deh contoh pictnya yang sebelah matanya sudah digambar.


oh ya, daruma yang sekarang udah banyak versinya loooh. Ada daruma versi doraemon, versi hello kitty dan masih banyak lagi. nah, jadi gimana? Berminatkah kalian memiliki boneka Daruma ini? ^^,)


-admin-
[ シャキラ ]


2 comments:

  1. Jadi yang bener digambar dari mata kiri dulu apa kanan? Kalau saya lihat dari pictnya itu mata kanan dulu? ._.

    ReplyDelete
  2. wah iya bener!
    berati impian tercapai tanpa suatu harapan. (?)
    mungkin diliatnya ngadep ke leptop, kan kalo liat tanpa miror itu madep kiri. tapi aslinya madep kanan.
    betewe, ko yg belon ada matanya keliatan rada serem ya. haha. *abaikan*

    ReplyDelete